PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD

Wedaswari, Ni Made Natalia (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031331-COVER.pdf

Download (217kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031331-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031331-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031331-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031331-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031331-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031331-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031331-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031331-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun video pembelajaran videoscribe berbasis pendekatan kontekstual, (2) menganalisis validitas isi video pembelajaran, (3) menganalisis efektivitas video pembelajaran videoscribe berbasis pendekatan kontekstual bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu research and development dengan proses tahapan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu media video pembelajaran videoscribe berbasis pendekatan kontekstual, sedangkan objek penelitian yaitu validitas isi, dan efektivitas. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, studi dokumen, tes dan kuesioner. Bentuk instrument berupa rating scale, menggunakan teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif, statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) penelitian ini berhasil menghasilkan video pembelajaran videoscribe berbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatkan minat belajar siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD, (2) tingkat pencapaian validitas media sebesar 95%, validitas isi sebesar 92%, dan validitas desain sebesar 95% dengan predikat sangat baik; dan (4) nilai nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga video pembelajaran videoscribe berbasis pendekatan kontekstual efektif guna meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Natalia Wedaswari
Date Deposited: 09 Jul 2023 23:57
Last Modified: 09 Jul 2023 23:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15651

Actions (login required)

View Item View Item