PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS “STEM” BERBANTUAN “MAR” TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH DENGAN MENGONTROL PENGETAHUAN AWAL SAINS

Wahyu, Yuliana (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS “STEM” BERBANTUAN “MAR” TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH DENGAN MENGONTROL PENGETAHUAN AWAL SAINS. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1639031002-COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1639031002-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1639031002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (258kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1639031002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1639031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1639031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1639031002-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1639031002-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (281kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1639031002-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran berbasis STEM berbantuan MAR dalam pembelajaran sains terhadap literasi sains dan sikap ilmiah mahasiswa dengan mengontrol pengetahuan awal sains. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain single factor independent group design with use covariate. Penelitian dilakukan pada mahasiswa PGSD STKIP Santu Paulus di kota Ruteng. Pemilihan sampel menggunakan cluster random sampling sehingga terpilih 2 kelas PGSD dipilih untuk kelompok eksperimen (n = 87) dan 2 kelas untuk kelompok kontrol (n = 88). Kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran berbasis STEM berbantuan MAR dan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan tes literasi sains, lembar observasi sikap sains, kuesioner sikap ilmiah, dan tes pengetahuan awal sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Data dianalisis dengan analisis kovarians multivariat dengan bantuan program SPSS 16.0 dan RASCH model. Hasil penelitian menunjukkan: 1) literasi sains dan sikap ilmiah mahasiswa yang mengikuti pembelajaran sains dengan pembelajaran berbasis STEM berbantuan MAR lebih tinggi daripada mahasiswa yang mengikuti pembelajaran sains dengan pembelajaran konvensional, 2) literasi sains dan sikap ilmiah mahasiswa yang mengikuti pembelajaran sains dengan pembelajaran berbasis STEM berbantuan MAR lebih tinggi daripada mahasiswa yang mengikuti pembelajaran sains dengan pembelajaran konvensional, setelah pengetahuan awal mahasiswa dalam pembelajaran sains dikontrol, 3) pengetahuan awal dalam pembelajaran sains berkontribusi terhadap literasi sains dalam pembelajaran sains mahasiswa sebesar 8% dan terhadap sikap ilmiah mahasiswa sebesar 4,6%. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa, pembelajaran berbasis STEM berbantuan MAR berpengaruh signifikan terhadap literasi sains dan sikap ilmiah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, STEM, MAR, literasi sains, sikap ilmiah, pengetahuan awal
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: Yuliana Wahyu, M. Pd
Date Deposited: 27 Feb 2020 04:27
Last Modified: 27 Feb 2020 04:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1566

Actions (login required)

View Item View Item