Sukma, I Made Gunawan Adi (2023) IMPLEMENTATION OF TEACHING MEDIA FOR EFL LEARNING AT POST – PANDEMIC. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912023001-COVER.pdf Download (617kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912023001-ABSTRAK.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912023001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (46kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912023001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI)
1912023001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912023001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912023001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912023001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912023001-LAMPIRAN.pdf Download (605kB) |
Abstract
Salah satu instrumen yang dapat digunakan pengajar untuk mendukung proses pendidikan di sekolah adalah media pembelajaran. Guru dapat menggunakan berbagai sumber daya instruksional, termasuk materi berbasis audio, visual, dan audiovisual. Beberapa guru terus menggunakan media pengajaran karena berbagai alasan, sementara yang lain tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1. Media pengajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Inggris pasca pandemi di SMA Negeri 4 Singaraja, 2. Hambatan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan setiap media. Metodologi studi kasus dan pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Tiga orang guru yang dipilih oleh peneliti berperan sebagai informan dalam penelitian ini. Wawancara dan metode observasi checklist digunakan sebagai strategi pengumpulan data. Analisis data menggunakan teori Miles & Huberman, sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran dapat mempermudah guru dalam menyampaikan informasi dan juga dapat mempermudah siswa dalam menerima informasi. Temuan penelitian ini antara lain penggunaan Laptop, LCD Projector, speaker aktif, headset, dan penggunaan ruang Laboratorium Bahasa dalam kegiatan menyimak oleh guru. Selain itu, terdapat beberapa kendala yang dialami guru dalam mengimplementasikan setiap media, seperti perlunya adaptasi guru terhadap perkembangan TIK dan faktor fasilitas yang hanya kadang-kadang siap digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media Pengajaran, Implementasi, Hambatan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Made Gunawan Adi Sukma |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 00:52 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 00:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15778 |
Actions (login required)
View Item |