Permana, Kadek Arlian Dita (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031222-COVER.pdf Download (304kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031222-ABSTRAK.pdf Download (66kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031222-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031222-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031222-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031222-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031222-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031222-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031222-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD, (2) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD, dan (3) mendeskripsikan pengaruh simultan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa keals V SD Gugus 1 Kecamatan Busungbiu yang berjumlah 124 orang siswa dan terdiri dari 7 Sekolah Dasar. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Dari hasil pengundian diperoleh kelas yang dijadikan kelompok eksperimen yaitu siswa kelas V SDN 3 Busungbiu berjumlah 29 orang dan kelas yang dijadikan kelompok kontrol yaitu kelas V SDN 6 Busungbiu berjumlah 21 orang. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan berpikir kreatif dan tes hasil belajar IPA. Data dianalisis secara deskriptif dan Multivariate Analysis of Variance dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD, (2) terdapat pengaruh positif model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD, dan (3) terdapat pengaruh simultan yang positif model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar IPA, Project Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Arlian Dita Permana |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 00:28 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 00:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15826 |
Actions (login required)
View Item |