PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD

Permana, Kadek Arlian Dita (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031222-COVER.pdf

Download (304kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031222-ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031222-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031222-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031222-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031222-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031222-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031222-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031222-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD, (2) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD, dan (3) mendeskripsikan pengaruh simultan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa keals V SD Gugus 1 Kecamatan Busungbiu yang berjumlah 124 orang siswa dan terdiri dari 7 Sekolah Dasar. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Dari hasil pengundian diperoleh kelas yang dijadikan kelompok eksperimen yaitu siswa kelas V SDN 3 Busungbiu berjumlah 29 orang dan kelas yang dijadikan kelompok kontrol yaitu kelas V SDN 6 Busungbiu berjumlah 21 orang. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan berpikir kreatif dan tes hasil belajar IPA. Data dianalisis secara deskriptif dan Multivariate Analysis of Variance dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD, (2) terdapat pengaruh positif model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD, dan (3) terdapat pengaruh simultan yang positif model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar IPA, Project Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Arlian Dita Permana
Date Deposited: 12 Jul 2023 00:28
Last Modified: 12 Jul 2023 00:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15826

Actions (login required)

View Item View Item