Ningsih, I Kadek Citra Nopia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL MENYAMA BRAYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031094-COVER.pdf Download (518kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031094-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031094-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031094-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031094-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031094-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031094-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031094-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031094-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL MENYAMA BRAYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN SUKASADA Oleh I Kadek Citra Nopia Ningsih, NIM 1911031094 Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Dasar ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Two Stay Two Stray berbasis kearifan lokal menyama braya terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD se-Gugus V Kecamatan Sukasada. Quasi experiment digunakan sebagai jenis penelitian dengan rancangan non-equivalent post-test only control group. Seluruh kelas V se-gugus V Kec. Sukasada dilibatkan sebagai populasi yang sejumlah 237 siswa. Sampel ini meliputi kelas V SDN 5 Panji sebagai grup eksperimen dan kelas V SDN 3 Panji sebagai kelas kontrol dengan teknik pemilihan berupa cluster random sampling. Instrumen yang dipergunakan berbentuk tes hasil belajar IPA berjenis pilihan ganda yang telah tervalidasi dan reliabel melalui analisis ujicoba. Analisis data dilaksanakan melalui dua analisis yakni analisis statistik deskriptif serta analisis inferensial melalui uji-t. Hasil temuan menyatakan hasil belajar IPA melalui pengimplementasian model Two Stay Two Stray berkearifan lokal menyama braya mencapai rerata 85,67 lebih besar dibanding kelas kontrol yang menerapkan model Two Stay Two Stray tanpa berbasis kearifan lokal dengan nilai 59. Perolehan nilai uji-t yaitu thitung > ttabel (thitung = 12,07 > ttabel = 1,68). Oleh karena itu, dapat ditarik simpulan terdapat pengaruh model Two Stay Two Stray berkearifan lokal menyama braya terhadap capaian hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Kata kunci: two stay swo stray, hasil belajar IPA, kearifan lokal menyama braya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | two stay swo stray, hasil belajar IPA, kearifan lokal menyama braya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Kadek Citra Nopia Ningsih |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 01:12 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 01:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15874 |
Actions (login required)
View Item |