Putra, Cokorda Oka Wibhawa (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SEMARAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
There is a more recent version of this item available. |
Text (COVER)
1911011042-COVER.pdf Download (384kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911011042-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911011042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (103kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911011042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911011042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911011042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911011042-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911011042-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911011042-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research & development). Produk yang dikembangkan yaitu Panduan Konseling Kgnitif Behavioral Teknik Self management Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII. Buku panduan ini dirancang sebagai pedoman bagi guru BK dalam memberikan layanan konseling di sekolah guna membantu mengatasi masalah motivasi belajar siswa yang rendah. Proses pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: (1) Tahap Pendefinisian (Define), (2) Tahap Perancangan (Design), (3) Tahap Pengembangan (Develop), (4) Tahap Penyebaran (Disseminate). Penelitian ini melibatkan 5 orang ahli dalam bidang bimbingan konseling, termasuk 3 orang dosen Bimbingan Konseling FIP Undiksha dan 2 orang Guru Bimbingan Konseling dari SMP Negeri 3 Semarapura. Sebanyak 10 orang siswa menjadi subjek penelitian untuk menguji efektivitas buku panduan ini. Hasil penilaian oleh para ahli terhadap 20 item instrumen yang digunakan menunjukkan bahwa seluruh isi buku panduan konseling memiliki validitas yang baik, dengan Indeks Validitas Isi (CVI) kategori sangat sesuai. Penilaian terhadap indeks validitas isi (Content Validity Index) sangat penting untuk menentukan kecocokan penggunaan buku panduan konseling ini. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Implementasi Panduan Konseling Kognitif Behavioral Teknik Self management efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Semarapura. Hasil perhitungan menunjukkan nilai thitung sebesar 21,312 dengan tingkat signifikansi 0,05 dan nilai ES sebesar 2,13 yang termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Panduan Konseling Kognitif Behavioral, Teknik Self Management, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Cokorda Oka Wibhawa Putra |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 01:26 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 01:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15892 |
Available Versions of this Item
- PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SEMARAPURA. (deposited 12 Jul 2023 01:26) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |