IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMAN 1 SUKASADA

Pratiwi, Ida Ayu Widya (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMAN 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1914021002-COVER.pdf

Download (689kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1914021002-ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914021002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914021002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914021002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914021002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1914021002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914021002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1914021002-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pola pendidikan karakter yang diterapkan di SMAN 1 Sukasada, (2) pola pendidikan karakter yang diterapkan pada pembelajaran Sejarah di kelas XI IPS SMAN 1 Sukasada, dan (3) kendala�kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam penerapan pola pendidikan karakter pada pembelajaran Sejarah di kelas XI IPS SMAN 1 Sukasada. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang selanjutnya dipaparkan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan karakter di SMAN 1 Sukasada diterapkan dengan baik pada kegiatan intrakurikuler maupun esktrakurikuler sekolah. Selain itu pendidikan karakter juga diterapkan pada proses pembelajaran termasuk pada pembelajaran Sejarah. Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran Sejarah diterapkan pula pada kelas XI IPS melalui berbagai bentuk kegiatan dalam tahapan pembelajaran di dalam maupun luar kelas. Penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran Sejarah di kelas XI IPS juga mengalami kendala-kendala yang dihadapi oleh guru maupun siswa. Perbedaan latar belakang keluarga dari siswa menjadi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi proses implementasi pendidikan karakter tersebut, Ketidakmampuan guru mengembangkan perangkat pembelajaran yang terintegrasi dengan pendidikan karakter juga akan mempengaruhi proses implementasi pola pendidikan karakter yang diinginkan. Kata Kunci : Implementasi, Karakter,Pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi, Karakter,Pendidikan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1)
Depositing User: Ida Ayu Widya Pratiwi
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:23
Last Modified: 12 Jul 2023 03:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15901

Actions (login required)

View Item View Item