FENOMENA MEMBOLOS SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH AT-TAUFIQ SINGARAJA SEBAGAI BENTUK PERILAKU MENYIMPANG DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA

Mamnun, Aizil (2020) FENOMENA MEMBOLOS SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH AT-TAUFIQ SINGARAJA SEBAGAI BENTUK PERILAKU MENYIMPANG DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1414091021-COVER.pdf

Download (491kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1414091021-ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1414091021-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (493kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1414091021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1414091021-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN)
1414091021-BAB 4 HASIL DAN PEMBHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1414091021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1414091021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1414091021-LAMPIRAN.pdf

Download (480kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Latar belakang peserta didik melakukan perilaku menyimpang dalam bentuk membolos; (2) Bentuk-bentuk perilaku membolos yang ada di Madrasah Aliyah At-Taufiq Singaraja; (3) Pola penanganan yang dilakukan pihak sekolah terhadap peserta didik yang melakukan perilaku menyimpang dalam bentuk membolos; (4) Aspek-aspek dalam fenomena membolos sebagai bentuk perilaku menyimpang yang memilik potensi sumber belajara sosiologi di SMA. Teori yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah tersebut yaitu teori perilaku menyimpang, perilaku membolos, bentuk-bentuk perilaku membolos dan pola penanganan perilaku membolos. Pendekatan yang digunakan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan langkah penentuan menggunakan purposive sampling. Informan yang terdiri dari peserta didik yang melakukan perilaku menyimpang dalam bentuk membolos, Kepala Madrasah Aliyah At-Taufiq Singaraja, staf guru Madrasah Aliyah At-Taufiq Singaraja dan Orang tua peserta didik yang melakukan perilaku membolos. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan langkah pengorganisasian data, reduksi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) Latar belakang peserta didik membolos sekolah disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: faktor dari dalam diri sendiri, faktor orang tua dan faktor yang berasal dari sekolah; (2) Bentuk-bentuk perilaku membolos yang dilakukan peserta didik Madrasah Aliyah At-Taufiq yaitu: terlambat, tidak masuk sekolah tanpa adanya izin, pulang sebelum waktunya dan meninggalkan kelas saat kegiatan belajar sedang berlangsung; (3) Pola penanganan yang dilakukan Madrasaha Aliyah At-Taufiq Singaraja dengan cara pemberian hukuman atau sanksi, penanganan secara terapis dan membayar denda; (4) Aspek-aspek dalam fenomena membolos sekolah sebagai bentuk perilaku menyimpang yang dapat digunakan sebagai sumber belajar yaitu terdapat pada 3 ranah yaitu: ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1)
Depositing User: AIZIL MAMNUN
Date Deposited: 27 Feb 2020 08:23
Last Modified: 27 Feb 2020 08:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1593

Actions (login required)

View Item View Item