PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBl) BERBANTUAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD DI GUGUS VII KECAMATAN BULELENG

Febriyanti, Berliana (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBl) BERBANTUAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD DI GUGUS VII KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031104-COVER.pdf

Download (882kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031104-ABSTRAK.pdf

Download (584kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031104-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (645kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031104-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031104-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031104-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031104-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031104-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (520kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031104-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika kelas V Sd Gugus VII Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian dari penelitian ini adalah Eksperimen Semua dengan rancangan Non-ewuivalent post- test only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Buleleng yang terdiri dari 8 kelas di 8 sekolah. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cluster random sampling, dengan menggunakan teknik random sampling ini, akan dipilih 2 kelas dari 8 kelas yaitu 1 kelas untuk kelas eksperimen yang diberi perlakukan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan tutor sebaya dan 1 kelas lagi untuk kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan atau menggunakan model pembelajaran konvensional. data yang dikumpulkan adalah hasil belajar matematika peserta didik yang dilihat melalui sebuah tes yang dilakukan pada peserta didik. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian dengan jumlah soal 10 butir. rata-rata nilai hasil belajar matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning berbantuan tutor sebaya sebesar 7,5 lebih tinggi dari pada rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning berbantuan tutor sebaya sebesar 3,02. Pengujian hasil hipotesis diperoleh thitung adalah 5,03, sedangkan ttabel pada taraf dignifikansi 5% dan dk = (24 + 34) – 2 = 56 adalah 1,673. Hal ini berati, thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel), sehingga H0 ditolak dan H1diterima. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran pembelajaran project based learning berbantuan tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika kelas V di Gugus VII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: project based learning, matematika, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Berliana Febriyanti
Date Deposited: 13 Jul 2023 00:38
Last Modified: 13 Jul 2023 00:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15959

Actions (login required)

View Item View Item