PENERAPAN MEDIA GAMBAR MNEMONIK, METODE RESITASI DAN PERMAINAN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HIRAGANA PADA SISWA KELAS XI IBB 1 DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2018/2019

Apriantara, Putu Indra (2020) PENERAPAN MEDIA GAMBAR MNEMONIK, METODE RESITASI DAN PERMAINAN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HIRAGANA PADA SISWA KELAS XI IBB 1 DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1412061028-COVER.pdf

Download (951kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1412061028-ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1412061028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (284kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1412061028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1412061028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1412061028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1412061028-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1412061028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1412061028-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan penguasaan huruf Hiragana siswa melalui penerapan media gambar mnemonik, metode resitasi, dan permainan kartu huruf. (2) menganalisis respons siswa terhadap penerapan media gambar mnemonik, metode resitasi, dan permainan kartu huruf. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IBB 1 SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, kuesioner, dan wawancara. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan media gambar mnemonik, metode resitasi, dan permainan kartu huruf dapat meningkatkan penguasaan huruf Hiragana siswa. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan persentase ketuntasan klasikal yang terjadi pada hasil pre-test sebesar 4%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 50%, dan peningkatan yang drastis terjadi pada siklus II mencapai 96%. (2) respons siswa tergolong positif, hal tersebut dilihat dari rata-rata respons siswa pada siklus I yaitu 30, sedangkan pada siklus II respons siswa diperoleh dengan rata-rata 34. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar mnemonik, metode resitasi, dan permainan kartu huruf dapat meningkatkan penguasaan huruf Hiragana siswa dengan respons yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar Mnemonik, Metode Resitasi, Permainan Kartu Huruf.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Putu Indra Apriantara
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:31
Last Modified: 27 Feb 2020 07:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1596

Actions (login required)

View Item View Item