Sistadewi, Made Arya (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARTIKEL OPINI PADA SISWA KELAS XII MIPA 1 SMA N 2 MENDOYO. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129011009-COVER.pdf Download (842kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129011009-ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129011009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (137kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129011009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129011009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129011009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129011009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129011009-LAMPIRAN.pdf Download (785kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (a) mendeskripsikan langkah–langkah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran menulis artikel opini, (b) mendeskripsikan kemampuan menulis artikel opini pada siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (c) mendeskripsikan hambatan–hambatan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran menulis artikel opini, dan (d) mendeskripsikan cara guru mengatasi hambatan-hambatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 1 dan guru Bahasa Indonesia yaitu Ibu Ni Made Dwi Indah Yuliana, S.Pd., sedangkan objek dalam penelitian ini adalah (a) langkah-langkah pembelajaran, (b) skor kemampuan menulis artikel opini siswa kelas XII MIPA 1 SMA N 2 Mendoyo, (c) hambatan yang dihadapi dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan (d) cara guru mengatasi hambatan tersebut. Data dikumpulkan dengan metode observasi, metode tes, dan metode wawancara. Data dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian meliputi (a) guru telah menerapkan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan RPP yang berlandaskan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; (b) 17 siswa memperoleh kategori sangat baik dan 18 siswa memperoleh kategori baik, dengan skor rata-rata 84,68; (c) hambatan yang dihadapi adalah guru mengalami kesulitan untuk mengarahkan siswa menemukan ide dalam penulisan artikel opini, guru mengalami kesulitan mengarahkan siswa terkait penggunaan tanda baca dan huruf kapital, guru mengalami kesulitan dalam mengarahkan siswa saat proses penulisan bagian struktur argumentasi, guru mengalami kesulitan untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar, guru kesulitan mengatur siswa dalam penggunaan gawai, guru kesulitan mengondisikan siswa; (d) cara guru mengatasi hambatan itu adalah guru membimbing kembali setiap kelompok saat proses mencari ide pokok dalam menulis artikel opini, guru mengarahkan siswa dalam mencari informasi terkait Ejaan Bahasa Indonesia (EBI), guru membimbing dan mengarahkan siswa dalam proses penulisan struktur argumentasi, guru mengajak siswa peregangan dengan melantunkan yel-yel, solusi berikutnya yang dilakukan oleh guru ialah mengawasi siswa lebih ketat dalam hal penggunaan gawai, guru menentukan kelompok untuk siswa, guru memberikan penghargaan kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis, artikel opini, jigsaw |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) |
Depositing User: | Made Arya Sistadewi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 00:52 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 00:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15964 |
Actions (login required)
View Item |