PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERORIENTASI MASALAH HOTS PADA MUATAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 6 SD SARASWATI 3 DENPASAR 2022/2023

Cantona, I Gede Eric (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERORIENTASI MASALAH HOTS PADA MUATAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 6 SD SARASWATI 3 DENPASAR 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041012-COVER.pdf

Download (463kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041012-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041012-BAB 2 KAJIAN TEORI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041012-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041012-BAB 5 PENUTUP .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041012-DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041012-LAMPIRAN .pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berorientasi masalah hots terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Saraswati 3 Denpasar sebanyak 150 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling dan terpilih kelas A sebanyak 37 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas D sebanyak 38 sebagai kelas kontrol, sehingga seluruh sampel berjumlah 78 siswa. Data yang diperlukan dalam penelitian ini berupa data kemampuan berpikir kritis dan data hasil belajar yang masing-masing dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berorientasi masalah hots secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA kelas V (F= 11,125; p < 0,05, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berorientasi masalah hots terhadap kemampuan berpikir kritis kelas V (F= 21,901; p < 0,05), dan 3) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berorientasi masalah hots terhadap kemampuan hasil belajar IPA kelas V (F= 10,827; p= 0,05). Berdasarkan temuan di atas disarankan agar sekolah secara bertahap atau berkala membina guru untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah di kelas. Guru-guru juga disarankan untuk meluangkan waktu dalam menyusun media-media serta perangkat pembelajaran yang berkaitan dengan model pembelajaran berbasis masalah hots di materi tertentu. Untuk penelitian berikutnya disarankan dapat memodifikasi suatu pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah berorientasi masalah hots dengan beberapa modifikasi agar sesuai materi pelajaran, kondisi, sekolah dan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model berbasis masalah, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Gede Eric Cantona, S.Pd.
Date Deposited: 13 Jul 2023 13:07
Last Modified: 13 Jul 2023 13:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15967

Actions (login required)

View Item View Item