Safitri, Andela (2020) PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI JURUSAN IPS DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1414091006-COVER.pdf Download (391kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1414091006-ABSTRAK.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1414091006- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (230kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1414091006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1414091006-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1414091006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1414091006- BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1414091006- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1414091006-LAMPIRAN.pdf Download (625kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tujuan guru sosiologi dan siswa kelas XI jurusan IPS menggunakan internet, (2) cara siswa kelas XI jurusan IPS menggunakan internet sebagai sumber belajar sosiologi, (3) persepsi guru sosiologi dan siswa kelas XI jurusan IPS mengenai kelemahan dan keuntungan menggunakan internet sebagai sumber belajar sosiologi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Singaraja. Landasan teori yang digunakan yaitu konsep tujuan menggunakan internet, konsep cara menggunakan internet, konsep persepsi menggunakan internet dalam pembelajaran sosiologi.Teknik penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan (1) alasan guru sosiologi dan siswa kelas XI jurusan IPS menggunakan internet dalam pembelajaran sosiologi yaitu karena sekolah yang berbasis IT serta tersedianya fasilitas internet yang memadai. (2) cara guru sosiologi dan siswa kelas XI jurusan IPS menggunakan internet dalam pembelajaran sosiologi yaitu dengan adanya:Tahap persiapan, Tahap pelaksanaan,Tahap penutup. Serta siswa membuka internet dengan aplikasi fitur pendidikan yang mereka gunakan yaitu seperti: Rmah belajar, Ruang Guru, dan Quipper. (3) persepsi guru sosiologi dan siswa kelas XI jurusan IPS mengenai keuntungan dan kelemahan menggunakan internet sebagai sumber belajar dimana keuntungan internet dapat memberikan sumber informasi sebagai bahan pembelajaran dan kelemahan yang dirasakan yaitu tidak adanya kesesuaian dikarenakan sumber yang terkadang tidak jelas dan menjadikan siswa tidak bisa berpikir kreatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internet, sumber belajar sosiologi |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Andela Safitri |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 12:42 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 12:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1598 |
Actions (login required)
View Item |