Suastika, I Ketut Rai (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO KOMIK PROMOSI DALAM MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA MUATAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BATUNUNGGUL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031163-COVER.pdf Download (396kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031163-ABSTRAK.pdf Download (79kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031163-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031163-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031163-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031163-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031163-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031163-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031163-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kajian ini bertujuan guna melaksanakan pengembangan media pembelajaran video komik promosi yang diuji tingkat validitas, kepraktisan, serta efektivitasnya guna menumbuhkan minat belajar siswa dalam materi sistem peredaran darah pada manusia muatan ilmu pengetahuan alam (IPA) kelas V SD Negeri 2 Batununggul. Kajian ini mempergunakan pemodelan ADDIE dengan tahapan Analyze, Design, Development, Implementation, dnd Evaluation. Data yang dihimpun pada kajian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Subjek kajian ini ialah satu ahli materi, 1 ahli media, satu praktisi/guru, 3 siswa uji coba perorangan serta 9 siswa uji kelompok kecil. Hasil dari kajian ini berupa (1) media pembelajaran video komik promosi. (2) validitas media pembelajaran video komik promosi dengan penilaian ahli materi dengan skor rerata 4,8, dan ahli media dengan skor rerata 4,82. (3) Analisis kepraktisan yang dilakukan oleh praktisi/guru mendapatkan skor rerata 4,72. Analisis uji coba perorangan mendapatkan skor rerata 4,74 serta hasil penilaian uji coba kelompok kecil mendapatkan skor rerata 4,72. (4) Hasil uji efektivitas kepada siswa kelas V dilakukan melalui uji t berkorelasi. Berlandaskan pada hasil analisis tersebut didapatkan angka signifikan senilai 0,000. Bisa ditarik simpulan bahwasanya ada perbedaan secara signifikan kemampuan memahami materi siswa kelas V sebelum mempergunakan media pembelajaran video komik promosi serta sesudah mempergunakan media pembelajaran video komik promosi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Video Komik Promosi, Pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Ketut Rai Suastika |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 00:57 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 00:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15980 |
Actions (login required)
View Item |