Ananta, I Gede Rio (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS VIDEOSCRIBE MUATAN IPA MATERI SUMBER ENERGI PADA KELAS III SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031169-COVER.pdf Download (471kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031169-ABSTRAK.pdf Download (293kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031169-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (280kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031169-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031169-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031169-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031169-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031169-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031169-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kajian ini ialah penelitian pengembangan yang memiliki tujuan guna mendeskripsikan rancang bangun serta menciptakan media pengembangan Video Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) berbasis Videoscribe Muatan IPA Materi Sumber Energi pada Kelas III SD yang telah teruji validitas, kepraktisan dan efektivitasnya. Kajian ini mengacu pada pemodelan ADDIE yang tersusun atas 5 tahap yakni (1) Analyze (analisis); (2) Design (perancangan); (3) Development (pengembangan); (4) Implementation (implementasi); dan (5) Evaluation (evaluasi). Adapun subjek kajian ini ialah media pembelajaran Videoscribe berbasis PBL muatan IPA materi sumber energi, sedangkan objek kajian ini ialah validitas, kepraktisan serta efektivitas terhadap media pembelajaran oleh (1) dua ahli materi; (2) dua ahli media; (3) dua ahli desain pembelajaran; (4) dua guru respons praktisi; (5) tiga peserta didik uji perorangan, dan 6) enam peserta didik uji kelompok kecil. Berlandaskan pada hasil uji-t berkolerasi didapat angka signifikansi senilai 0,000. Dapat ditarik simpulan bahwasanya media Video Pembelajaran Model PBL berbasis Videoscribe efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkat hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 5 Batungsel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, VideoScribe, Problem Based Learning, Model ADDIE, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Rio Ananta |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 01:06 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 01:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15984 |
Actions (login required)
View Item |