PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS VIDEOSCRIBE MUATAN IPA MATERI SUMBER ENERGI PADA KELAS III SD

Ananta, I Gede Rio (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS VIDEOSCRIBE MUATAN IPA MATERI SUMBER ENERGI PADA KELAS III SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031169-COVER.pdf

Download (471kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031169-ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031169-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031169-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031169-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031169-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031169-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031169-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031169-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kajian ini ialah penelitian pengembangan yang memiliki tujuan guna mendeskripsikan rancang bangun serta menciptakan media pengembangan Video Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) berbasis Videoscribe Muatan IPA Materi Sumber Energi pada Kelas III SD yang telah teruji validitas, kepraktisan dan efektivitasnya. Kajian ini mengacu pada pemodelan ADDIE yang tersusun atas 5 tahap yakni (1) Analyze (analisis); (2) Design (perancangan); (3) Development (pengembangan); (4) Implementation (implementasi); dan (5) Evaluation (evaluasi). Adapun subjek kajian ini ialah media pembelajaran Videoscribe berbasis PBL muatan IPA materi sumber energi, sedangkan objek kajian ini ialah validitas, kepraktisan serta efektivitas terhadap media pembelajaran oleh (1) dua ahli materi; (2) dua ahli media; (3) dua ahli desain pembelajaran; (4) dua guru respons praktisi; (5) tiga peserta didik uji perorangan, dan 6) enam peserta didik uji kelompok kecil. Berlandaskan pada hasil uji-t berkolerasi didapat angka signifikansi senilai 0,000. Dapat ditarik simpulan bahwasanya media Video Pembelajaran Model PBL berbasis Videoscribe efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkat hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 5 Batungsel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, VideoScribe, Problem Based Learning, Model ADDIE, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Rio Ananta
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:06
Last Modified: 13 Jul 2023 01:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15984

Actions (login required)

View Item View Item