PENGARUH MODEL PROJECT BASED BLENDED LEARNING BERBASIS TRI HITA KARANA DAN SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MASSAGE

MS, Gede Doddy Tisna (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED BLENDED LEARNING BERBASIS TRI HITA KARANA DAN SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MASSAGE. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2039011031-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2039011031-ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2039011031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (411kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2039011031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2039011031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2039011031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2039011031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (491kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2039011031-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan di Abad 21 menuntut penerapan teknologi, penguasaan keterampilan creativity, critical thinking, collaboration, communication, dan perbaikan karakter yang dapat meningkatan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan prestasi belajar dan keterampilan massage antara mahasiswa yang belajar dengan project based blended learning berbasis THK dengan direct instruction; 2) perbedaan prestasi belajar dan keterampilan massage antara mahasiswa yang memiliki self efficacy tinggi dan yang rendah; dan 3) pengaruh interaktif antara model dan self efficacy terhadap prestasi belajar dan keterampilan massage. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group. Populasi penelitian ini adalah sebanyak sembilan kelas mahasiswa yang mengambil mata kuliah massage olahraga di Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Undiksha tahun pelajaran 2021/2022. Delapan kelas dipilih sebagai sampel dengan teknik group random sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data self efficacy dikumpulkan dengan kuesioner, data prestasi belajar massage dengan tes pilihan ganda dan data keterampilan diambil dengan tes keterampilan massage. Data dianalisis secara deskriptif dan multivariate analysis of covariance dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar dan keterampilan massage antara mahasiswa yang belajar dengan model project based blended learning berbasis THK dan direct instruction, dengan hasil yang lebih baik pada mahasiswa yang belajar dengan model project based blended learning berbasis THK. Perbedaan self efficacy yang dimiliki mahasiswa berdampak pada perolehan prestasi belajar dan keterampilan massage. Model project based blended learning berbasis THK dengan direct instruction akomodatif terhadap mahasiswa dengan self efficacy tinggi dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa project based blended learning berbasis THK dan self efficacy secara signifikan berpengaruh terhadap prestasi belajar dan keterampilan massage.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: model project based blanded-learning, self efficacy, prestasi belajar dan keterampilan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Gede Doddy Tisna Ms
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:08
Last Modified: 18 Jul 2023 01:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16003

Actions (login required)

View Item View Item