PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA KEALAS III SEMESTER GENAP DI SD NEGERI 1 BAKTISERAGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Pasaribu, Grace Melly (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA KEALAS III SEMESTER GENAP DI SD NEGERI 1 BAKTISERAGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711021019-COVER.pdf

Download (521kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711021019-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1711021019-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (530kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1711021019-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1711021019-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021019-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1711021019-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711021019-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar video pembelajaran berbasis model pembelajaran langsung serta mendeskripsikan rancang bangun dan validitas pada media video pembelajaran berbasis model pembelajaran langsung pada pelajaran matematika kelas III, menurut para ahli dan uji coba produk jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, kusioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kulitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian (1) proses pengembangan bahan ajar video pembelajaran berbasis model pembelajaran langsung pada pelajaran matematika meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) pengembangan bahan ajar video pembelajaran berbasis model pembelajaran langsung pada pelajaran matematika valid berdasarkan : (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (92,50%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (85,71%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (92,85%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (99%), dan (e) hasil uji coba kolompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (98%). Secara umum hasil penelitian bahan ajar berbasis media video pembelajaran pada pelajaran matematika valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran Matematika kelas III di SD Negeri 1 Baktiseraga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, media video pembelajaran, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: GRACE MELLY PASARIBU
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:03
Last Modified: 14 Jul 2023 01:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16018

Actions (login required)

View Item View Item