Pasaribu, Grace Melly (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA KEALAS III SEMESTER GENAP DI SD NEGERI 1 BAKTISERAGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711021019-COVER.pdf Download (521kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711021019-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1711021019-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (530kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1711021019-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1711021019-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021019-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (905kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1711021019-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (388kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711021019-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar video pembelajaran berbasis model pembelajaran langsung serta mendeskripsikan rancang bangun dan validitas pada media video pembelajaran berbasis model pembelajaran langsung pada pelajaran matematika kelas III, menurut para ahli dan uji coba produk jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, kusioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kulitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian (1) proses pengembangan bahan ajar video pembelajaran berbasis model pembelajaran langsung pada pelajaran matematika meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) pengembangan bahan ajar video pembelajaran berbasis model pembelajaran langsung pada pelajaran matematika valid berdasarkan : (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (92,50%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (85,71%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (92,85%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (99%), dan (e) hasil uji coba kolompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (98%). Secara umum hasil penelitian bahan ajar berbasis media video pembelajaran pada pelajaran matematika valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran Matematika kelas III di SD Negeri 1 Baktiseraga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar, media video pembelajaran, matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | GRACE MELLY PASARIBU |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 01:03 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 01:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16018 |
Actions (login required)
View Item |