Mahadewi, Luh Indira (2023) The Analysis of English Teachers’ Perception and Challenges on the Use of Self-Assessment for Assessing Students’ Writing Competency. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text
1912021065-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
1912021065-ABSTRAK.pdf Download (313kB) |
|
Text
1912021065-BAB 1.pdf Download (353kB) |
|
Text
1912021065-BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text
1912021065-BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) | Request a copy |
|
Text
1912021065-BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) | Request a copy |
|
Text
1912021065-BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) | Request a copy |
|
Text
1912021065-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) |
|
Text
1912021065-LAMPIRAN.pdf Download (590kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi guru bahasa Inggris di Kecamatan Buleleng tentang penggunaan self-assessment untuk menilai kompetensi menulis siswa. Penelitian ini melibatkan 5 guru Bahasa Inggris yang berasal dari beberapa Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Buleleng. Penilitian ini menggunakan metode gabungan dengan pendekatan skuensial eksplanatori. Oleh karena itu penelitian ini proses pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara mendistribusikan kuisioner dan melakukan interview. Hasil dari penelitian ini adalah guru memiliki persepsi positif mengenai penggunaan asesmen diri untuk menilai kompetensi menulis siswa. Akan tetapi, dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa guru mengalami beberapa tantangan dalam menerapkan asesmen diri, tantangan tersebut antara lain kurangnya kemampuan siswa dalam melakukan asesmen diri, kurangnya waktu dalam melaksanakan asesmen diri, dan kurangnya pengetahuan siswa dalam menulis. Untuk mengatasi tantangan tersebut, beberapa solusi yang dapat dilakukan oleh guru antara lain memberikan siswa lebih banyak latihan menulis, mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran menulis, seperti menggunakan pemeriksa tata Bahasa, mengalokasikan waktu di awal atau akhir kelas untuk melaksanakan kegiatan asesmen diri, menyediakan template asesmen diri yang sudah jadi untuk guru sehingga mereka tidak harus membuat asesmen diri dari awal dan hanya perlu memodifikasi asesmen diri yang sudah ada, mengenalkan asesmen diri kepada siswa sejak SD atau SMP yang secara tidak langsung menuntut siswa untuk berlatih merefleksi atau menilai diri sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Asesmen diri, Persepsi guru bahasa Inggris, kompetensi menulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Luh Indira Mahadewi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:35 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16025 |
Actions (login required)
View Item |