Sina, Ibnu (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MI NURUL WATHAN CELUKAN BAWANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911021002-COVER.pdf Download (770kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911021002-ABSTRAK.pdf Download (58kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911021002-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan rancang bangun terhadap media video animasi pembelajaran berbasis masalah, (2) Untuk Mendeskripsikan validitas media pembelajaran berbasis masalah, (3) Untuk mengetahui efektivitas media video animasi pembelajaran berbasis masalah pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia III MI Nurul Wathan Celukan Bawang. Penelitian yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Media video animasi pembelajaran berbasis masalah dikembangkan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari atas 5 tahapan (analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi) yang dikerjakan secara runtut. (2) Hasil validitas media video animasi pembelajaran berdasarkan penilaian dari review para ahli, a) hasil review ahli isi pembelajaran sebesar 94,54% dengan kategori sangat baik, b) hasil review ahli desain pembelajaran sebesar 86,15% dengan kategori sangat baik, c) hasil review ahli media pembelajaran sebesar 95,00% dengan kategori sangat baik, d) hasil uji coba perorangan sebesar 88,66% dengan kategori sangat baik, e) hasil uji coba kelompok kecil sebesar 89,00% dengan kategori sangat baik, (3) efektivitas media video animasi pembelajaran dilihat dari uji-t dengan hasil perolehan nilai t hitung sebesar 17,2477 dan t tabel 1,717 yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media video animasi pembelajaran berbasis masalah pada muatan pelajaran bahasa Indonesia, Diketahui nilai rata-rata post-test sebesar 78,95 yang berada di atas KKM. Maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi pembelajaran berbasis masalah efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas III MI Nurul Wathan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Animasi, Problem Based Learning, ADDIE, Bahasa Indonesia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Ibnu Sina |
Date Deposited: | 16 Jul 2023 23:45 |
Last Modified: | 16 Jul 2023 23:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16090 |
Actions (login required)
View Item |