Ningsih, Putu Devi Rahayu (2023) PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN DENPASAR BARAT TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031276-COVER.pdf Download (469kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031276-ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031276-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (421kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031276-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031276-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (777kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031276-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031276-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031276-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031276-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka masih tergolong baru di kalangan pendidikan sehingga banyak memunculkan persepsi yang berbeda beda terkhususnya bagi para guru yang mengajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi guru terhadap implementasi kurikulum merdeka. Selain itu untuk mengetahui persepsi guru dalam menghadapi hambatan-hambatan terhadap implementasi kurikulum merdeka di SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Denpasar Barat. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan mix methods. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas I dan guru kelas IV di SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Denpasar Barat sebanyak 26 responden. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode non tes berupa kuesioner dengan menggunakan skala empat. Data yang diperoleh kemudian di uji dengan menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil data diperoleh persentase rerata dimensi pendampingan guru yaitu 84% dengan kriteria positif. Sedangkan pada dimensi hambatan diperoleh persentase rerata 62% dengan kriteria kurang positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru dapat mendampingi peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka serta pada dimensi hambatan guru mampu dalam menghadapi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Persepsi guru, Kuriklum Merdeka |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Devi Rahayu Ningsih |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 00:36 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 00:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16116 |
Actions (login required)
View Item |