PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS DITINJAU DARI INTEGRITAS DIRI SISWA KELAS IV SD DI GUGUS LETKOL WISNU KECAMATAN DENPASAR UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Antari, Ni Luh Desy Asri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS DITINJAU DARI INTEGRITAS DIRI SISWA KELAS IV SD DI GUGUS LETKOL WISNU KECAMATAN DENPASAR UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041023-COVER.pdf

Download (693kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041023-ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (380kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041023-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis ditinjau dari integritas diri siswa. Penelitian ini dilakukan di SD di Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD dengan jumlah 222 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling (sampel acak) dari kelas dengan menggunakan intak grup. Sampel yang digunakan adalah kelas IV SDN 3 Peguyangan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 27 orang sedangkan kelas IV SDN 10 Peguyangan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes. Instrumen yang akan digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan desain faktorial dua faktor atau two factorial design. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan uji hipotesis menggunakan Anava A, Anava AB, dan uji scheffe. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPAS pada siswa kelas IV SD dengan nilai signifikansi < 0.05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Project Based Learning dengan integritas diri terhadap keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas IV SD dengan nilai signifikansi < 0.05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPAS pada siswa kelas IV SD yang memiliki integritas diri tinggi dengan nilai signifikansi < 0.05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPAS pada siswa kelas IV SD yang memiliki integritas diri rendah dengan nilai signifikansi < 0.05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran pada tingkat sekolah dasar diharapkan dapat melibatkan siswa agar dapat membangun sendiri pengetahuannya dengan mempelajari materi yang diberikan dalam bentuk video untuk dipelajari oleh siswa dirumah sehingga dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: PjBL, keterampilan berpikir kritis, IPAS, integritas diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Luh Desy Asri Antari, S.Pd.
Date Deposited: 15 Jul 2023 02:23
Last Modified: 15 Jul 2023 02:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16117

Actions (login required)

View Item View Item