PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERORIENTASI LITERASI SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Pusparini, I Gusti Agung Ayu Ari (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERORIENTASI LITERASI SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031008-COVER.pdf

Download (405kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031008-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031008-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, menguji validitas, menguji kepraktisan, dan menguji efektivitas e-modul interaktif berorientasi literasi sains pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas V sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini berpedoman pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: (1) analisis (analysis), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah bahan ajar e-modul interaktif berorientasi literasi sains pada materi sistem peredaran darah manusia, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas, kepraktisan dan efektivitas e-modul interaktif berorinetasi literasi sains pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas V sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan tes. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu instrumen rating scale skala 5 berupa lembar penilaian yang diisi oleh ahli media, ahli materi, praktisi/guru dan siswa, serta menggunakan instrumen pilihan ganda untuk menguji efektivitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-modul interaktif berorientasi literasi sains memperoleh rata-rata hasil validitas ahli media sebesar 4,67 dengan kualifikasi sangat baik, (2) rata-rata hasil validitas ahli materi sebesar 4,64 dengan kualifikasi validitas sangat baik, (3) memperoleh penilaian kepraktisan produk oleh praktisi/guru sebesar 4,89 dan penilaian dari siswa sebesar 4,83 dengan kualifikasi sangat baik, (4) hasil uji t-berpasangan memperoleh nilai siginifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 (taraf signifikansi 5%). Dengan demikian dapat disimpulkan e-modul interaktif berorientasi literasi sains valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, e-modul interaktif, literasi sains, sistem peredaran darah manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Agung Ayu Ari Pusparini
Date Deposited: 17 Jul 2023 00:42
Last Modified: 17 Jul 2023 00:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16125

Actions (login required)

View Item View Item