EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK MODEL REALITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PERHOTELAN DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA

Banowati, Banowati (2023) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK MODEL REALITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PERHOTELAN DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911011012-COVER.pdf

Download (881kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911011012-ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911011012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911011012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911011012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911011012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHSAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911011012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911011012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911011012-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok realita untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu Pretest Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X Perhotelan SMK Negeri 1 Singaraja yang berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan pertimbangan tertentu 1 kelas dari 4 kelas anggota populasi. Adapun yang menjadi anggota sampel adalah siswa kelas X PH B yang berjumlah 7 orang sebagai kelas eksperimen dan 7 orang sebagai kelas kontrol. Dalam metode analisis data yang digunakan adalah uji t dan Effect Size yang menggunakan bantuan program SPSS 25.0 windows 16. Instrument pengumpulan data ini menggunakan kuesioner motivasi belajar. Pada penelitian ini menggunakan konseling kelompok realita untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X perhotelan di SMK Negeri 1 Singaraja. Berdasarkan hasil dan kesimpulan dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa model konseling ini efektif. Hasil penelitian ini mendapatkan t = 21,38 dan Es = 11,11, p > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Konseling Kelompok Realita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Banowati
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:32
Last Modified: 18 Jul 2023 04:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16133

Actions (login required)

View Item View Item