Lase, Kurnia Sotatema (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN MUATAN IPA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 PADANGBULIA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911021027-COVER.pdf Download (932kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911021027-ABSTRAK.pdf Download (383kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021027-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (552kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021027-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021027-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (986kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021027-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021027-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (515kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911021027-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan, dan efektivitas e-modul interaktif berbasis scientific approach dalam pembelajaran muatan IPA pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Padangbulia. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, and evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode tes. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji perorangan, uji kelompok kecil dan siswa kelas VI di SD Negeri 1 Padangbulia. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif, analisis data deskriptif kuantitatif, dan teknik analisis data statistika inferensial (uji-t). Hasil penelitian pengembangan ini adalah e-modul interaktif, meliputi hasil: (1) rancang bangun pengembangan e-modul interaktif berbasis scientific approach yaitu tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; (2) hasil uji coba produk meliputi: (a) hasil penilaian ahli isi mata pelajaran memperoleh persentase sebesar 85,33% dengan kualifikasi baik, (b) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 95,71% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil review/penilaian dari siswa melalui uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 92% dengan kualifikasi sangat baik, dan (e) hasil penilaian dari siswa melalui uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 95,77% dengan kualifikasi sangat baik; (3) e-modul interaktif berbasis scientific approach efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 1 Padangbulia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul Interaktif, IPA, Scientific Approach, ADDIE |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Kurnia Sotatema Lase |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 11:29 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 11:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16153 |
Actions (login required)
View Item |