PEMANFAATAN THE LITTLE MUSEUM ANAK AGUNG PANDJI TISNA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SASTRA

Rahmawati, Ira (2023) PEMANFAATAN THE LITTLE MUSEUM ANAK AGUNG PANDJI TISNA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SASTRA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912011029-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912011029-ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912011029-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan relevansi koleksi The Little Museum Anak Agung Pandji Tisna sebagai sumber belajar sastra, (2) mendeskripsikan pemanfaatan The Little Museum Anak Agung Pandji Tisna sebagai sumber belajar sastra, dan (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan The Little Museum Anak Agung Pandji Tisna sebagai sumber belajar sastra. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa, pengelola museum, pengunjung museum, guru bahasa Indonesia, dan dosen bahasa Indonesia. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Tahap analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa The Little Museum Anak Agung Pandji Tisna memiliki koleksi yang bersinambungan dengan pembelajaran sastra. Museum ini memiliki 1986 koleksi, di antaranya terdapat 453 koleksi yang relevan, yang dapat digunakan sebagai sumber belajar sastra. Adapun pemanfaatan The Little Museum Anak Agung Pandji Tisna sebagai sumber belajar sastra dengan cara melakukan studi-studi khusus yang dilakukan suatu instansi pendidikan dengan mengunjungi museum Anak Agung Pandji Tisna. Kendala yang ditemukan, yaitu kurangnya pendanaan pada museum yang menjadi permasalahan utama dan kurangnya SDM sehingga museum tidak beroperasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: museum, pemanfaatan, koleksi
Subjects: A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Ira Rahmawati
Date Deposited: 15 Jul 2023 14:42
Last Modified: 15 Jul 2023 14:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16155

Actions (login required)

View Item View Item