PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DIFASILITASI PETA KONSEP TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA KELAS V GUGUS IV KECAMATAN KUBU DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Mudana, I Ketut (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DIFASILITASI PETA KONSEP TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA KELAS V GUGUS IV KECAMATAN KUBU DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041018-COVER.docx.pdf

Download (293kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041018-ABSTRAK.docx.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041018-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mudana, I Ketut (2023), Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Difasilitasi Peta Konsep Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis IPA Kelas V Gugus IV Kecamatan Kubu Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Tesis. Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. Ketut Suma, M.S. dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd. Kata- kata kunci : Think pair share difasilitasi peta konsep, peningkatan kemampuan berpikir kritis IPA, motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Think Pair Share difasilitasi peta konsep terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis IPA ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V Gugus IV Kecamatan Kubu dengan menggunakan rancangan Pretest – posttest control group design. Sampel penelitian berjumlah 96 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur melalui uji F dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, peningkatan kemampuan berpikir kritis IPA siswa yang mengikuti pembelajaran Think Pair Share difasilitasi peta konsep lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan berpikir kritis IPA siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Fhitung = 4,052 > Ftabel = 3,96, p <0,05). Kedua, ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dan motivasi belajar siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis IPA (Fhitung = 24,324 > Ftabel = 3,96, p <0,05). Ketiga, kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, peningkatan kemampuan berpikir kritis IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share difasilitasi peta konsep lebih tinggi bila dibandingkan dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (Fhitung = 24,749 > Ftabel = 4,10, p <0,05) ;Qhitung = 9,703 > Qtabel = 2,89. Keempat, kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, peningkatan kemampuan berpikir kritis IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share difasilitasi peta konsep lebih rendah bila dibandingkan dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (Fhitung = 4,154 > Ftabel = 4,10, p <0,05) ; Qhitung = -3,967 > Qtabel = -2,89.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Think pair share difasilitasi peta konsep, peningkatan kemampuan berpikir kritis IPA, motivasi belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Ketut Mudana,S.Pd.SD
Date Deposited: 17 Jul 2023 00:55
Last Modified: 17 Jul 2023 00:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16157

Actions (login required)

View Item View Item