PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS II DI SD NEGERI 4 BEBETIN TAHUN AJARAN 2022/2023

Sukiyati, Nengah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS II DI SD NEGERI 4 BEBETIN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031251-COVER.pdf

Download (280kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031251-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031251-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031251-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031251-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031251-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031251-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031251-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031251-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, menghasilkan produk papan pintar berbasis profil pelajar pancasila siswa kelas II sekolah dasar yang teruji validitas, kepraktisan, serta efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini berpedoman pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Subjek penelitian diantaranya ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, praktisi, dan siswa. Metode pengumpulan data ada kuesioner berupa rating scale atau skala empat yang diberikan kepada subjek uji coba. Hasil persentase skor dari ahli materi sebesar 97,5% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media sebesar 89,5% dengan kualifikasi sangat baik, respons praktisi sebesar 98,7% dengan kualifikasi sangat baik, dan respons siswa sebesar 96,1% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji efektivitas dengan teknik uji-t berkolerasi diperoleh signifikansi (Sig. 2-tailed) < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media papan pintar berbasis profil pelajar pancasila dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Papan Pintar, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Nengah Sukiyati
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:47
Last Modified: 17 Jul 2023 01:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16167

Actions (login required)

View Item View Item