DETERMINASI LITERASI NUMERIK, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS LETKOL WISNU

Septianthari, Ni Made Friska Dewi (2023) DETERMINASI LITERASI NUMERIK, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS LETKOL WISNU. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129041008-COVER)
2129041008-Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (2129041008-ABSTRAK)
2129041008-Abstrak.pdf

Download (243kB)
[img] Text (2129041008-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041008-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (50kB)
[img] Text (2129041008-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041008-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (2129041008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041008-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (2129041008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041008-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB) | Request a copy
[img] Text (2129041008-BAB 5 PENUTUP)
2129041008-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (2129041008-DAFTAR PUSTAKA)
2129041008-Daftar Pustaka.pdf

Download (263kB)
[img] Text (2129041008-LAMPIRAN)
2129041008-Lampiran.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan kontribusi literasi numerik, motivasi berprestasi, dan konsep diri terhadap hasil belajar matematika, baik secara simultan maupun secara parsial.Jenis penelitian yang dilakukan adalah ex-post facto dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. ampel penelitian ini terdiri dari 182 siswa kelas IV di SD Gugus Letkol Wisnu (Denpasar Utara), yang dipilih menggunakan teknik proporsional random sampling, dari total populasi sebanyak 379 siswa. Data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner untuk mengukur motivasi berprestasi dan konsep diri, serta tes objektif untuk mengukur literasi numerik dan konsep diri. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji asumsi yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Setelah semua asumsi terpenuhi, dilanjutkan dengan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya determinasi antara variabel literasi numerik, motivasi berprestasi, dan konsep diri secara parsial terhadap hasil belajar matematika. Setiap variabel memiliki koefisien yang lebih besar dari nilai ttabel (0,146). Kontribusi efektif dari masing-masing variabel adalah literasi numerik sebesar 5,97%, motivasi berprestasi sebesar 25,36%, dan konsep diri sebesar 19,17%. Selain itu, terdapat juga determinasi antara variabel literasi numerik, motivasi berprestasi, dan konsep diri secara simultan terhadap hasil belajar matematika. Nilai F-hitung (60,484) lebih besar dari F-tabel (2,66), dengan koefisien determinasi sebesar 50,5%. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapat determinasi literasi numerik, motivasi berprestasi, dan konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu, baik secara parsial maupun simultan. Dengan demikian, ketiga faktor tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat kencenderungan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Numerik, Motivasi Berprestasi, Konsep Diri, Dan Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Made Friska Dewi Septianthari
Date Deposited: 17 Jul 2023 00:51
Last Modified: 17 Jul 2023 00:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16169

Actions (login required)

View Item View Item