Suryati, Komang Indah (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI INDONESIA KAYA BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN KEBHINEKAAN GLOBAL SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2129041007-COVER)
2129041007-Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (2129041007-ABSTRAK)
2129041007-Abstrak.pdf Download (550kB) |
|
Text (2129041007-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041007-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (472kB) |
|
Text (2129041007-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041007-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (663kB) | Request a copy |
|
Text (2129041007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041007-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) | Request a copy |
|
Text (2129041007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041007-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (2129041007-BAB 5 PENUTUP)
2129041007-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (2129041007-DAFTAR PUSTAKA)
2129041007-Daftar Pustaka.pdf Download (551kB) |
|
Text (2129041007-LAMPIRAN)
2129041007-Lampiran.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh e-modul yang berorientasi project based learning pada materi Indonesia Kaya Budaya yang memiliki karakteristik self instructional, self contained, stand alone, adaptif, user friendly yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kebhinekaan global siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Produk yang berhasil dikembangkan adalah e-modul yang berorientasi project based learning pada materi Indonesia Kaya Budaya. E-modul ini telah melalui beberapa tahap pengujian yang meliputi uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektifitas. Uji validitas yang dilakukan oleh 4 orang ahli mendapatkan rata- rata persentase sebesar 95,63% yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Uji kepraktisan, rata-rata persentase sebesar 96,12% yang berada pada kriteria sangat praktis. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan nilai pretest dan post-test diketahui dengan p-value sebesar 0,000, yang berarti signifikan pada tingkat signifikansi 0,05. Jadi dapat disimpulkan e-modul berorientasi project based learning pada materi Indonesia Kaya Budaya valid, praktis dan efektif untuk meningkat kebhinekaan global siswa Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul Berorientasi Project Based Learning, Indonesia Kaya Budaya, Dan Kebhinekaan Global. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Komang Indah Suryati |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 00:49 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 00:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16170 |
Actions (login required)
View Item |