Novela Ulina Manurung, Mega (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Muatan IPS Untuk Kelas IV Di SD Negeri 4 Panji. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911021001-COVER.pdf Download (750kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911021001-abstrak.pdf Download (30kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (268kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1911021001-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021001-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (147kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911021001-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun multimedia pembelajaran interaktif berbasis game based learning, (2) mendeskripsikan validitas multimedia pembelajaran interaktif, (3) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran interaktif pada muatan IPS untuk kelas IV di SD Negeri 4 Panji. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan menggunakan model yang dikembangakan oleh Robert Mariabe, berdasarkan landasan-landasan filosopi pendidikan penerapan ADDIE harus bersifat center, inovatif, otentik dan inspiratif. Teknik pengumpulan data beserta instrument pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah dengan menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif dan statistika inferensial. Subjek penelitian ini ialah ahli isi pembelajaran, ahli desain, dan ahli media pembelajaran, 3 orang siswa sebagai uji coba perorangan, 9 orang sebagai uji coba kelompok kecil. Hasil dari penelitian ini ialah (1) Multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). (2) Hasil validitas multimedia pembelajaran interaktif berdasarkan dari penilaian review para ahli, (a) hasil review ahli isi pembelajaran sebesar 97,1% dengan kategori sangat baik, (b) hasil review ahli desain pembelajaran sebesar 88,3% dengan kategori baik, (c) hasil review ahli media pembelajaran sebesar 90% dengan kategori sangat baik. (3) efektifitas multimedia pembelajaran interaktif berbasis game based learning yang dilihat dari uji-t dengan perolehan hasil t hitung sebesar 15,853 dan t tabel 1,699 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan dari hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif. Diketahui nilai rata-rata posttest sebesar 85,00 yang berada diatas KKM. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Panji.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: pengembangan, multimedia pembelajaran interaktif, ADDIE, IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Mega Novela Ulina Manurung |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 11:31 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 11:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16174 |
Actions (login required)
View Item |