PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERLANDASKAN TRI HITA KARANA PADA MATERI CERITA TENTANG DAERAHKU MUATAN IPAS KELAS IV DI SD NEGERI 5 BANYUNING

Putra, I Gede Ferry Eka (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERLANDASKAN TRI HITA KARANA PADA MATERI CERITA TENTANG DAERAHKU MUATAN IPAS KELAS IV DI SD NEGERI 5 BANYUNING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031098-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031098-ABSTRAK.pdf

Download (564kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031098-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (648kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031098-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031098-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031098-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031098-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031098-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (503kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031098-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint interaktif berdasarkan Tri Hita Karana pada materi cerita tentang daerahku muatan IPAS kelas IV di SD Negeri 5 Banyuning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini hanya mencakup tahap uji coba kepada siswa. Subjek penelitian ini adalah media PowerPoint Interaktif untuk pembelajaran IPAS dengan materi cerita tentang daerahku. Sedangkan objek penelitian ini adalah validitas media PowerPoint Interaktif yang telah dikembangkan. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Instrumen yang digunakan dalam mengukur tingkat validitas media PowerPoint Interaktif adalah rating scale berupa lembar penilaian media PowerPoint oleh ahli. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus persentase untuk mendapatkan skor persentase validitas media PowerPoint. Hasil analisis menunjukkan persentase validitas materi media PowerPoint sebesar 91,99% dengan kualifikasi sangat baik. Persentase validitas media PowerPoint yang diperoleh adalah 91,25% dengan kualifikasi sangat baik. Uji coba terhadap guru memperoleh hasil persentase sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan uji coba terhadap siswa sebanyak 15 orang memperoleh hasil persentase sebesar 96,3% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa media PowerPoint Interaktif yang dikembangkan untuk materi cerita tentang daerahku dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, powerpoint interaktif, cerita tentang daerahku
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Ferry Eka Putra
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:18
Last Modified: 17 Jul 2023 03:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16186

Actions (login required)

View Item View Item