AN ANALYSIS OF SPEECH ACTS USED BY THE EIGHTH GRADE TEACHER OF SMP NEGERI 1 SAWAN IN LEARNING ENGLISH LANGUAGE CLASSROOM INTERACTION

Dartika, Komang Alit Yuda Prawira (2023) AN ANALYSIS OF SPEECH ACTS USED BY THE EIGHTH GRADE TEACHER OF SMP NEGERI 1 SAWAN IN LEARNING ENGLISH LANGUAGE CLASSROOM INTERACTION. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021169-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021169-ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1912021169-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (91kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1912021169-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1912021169-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021169-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1912021169-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021169-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021169-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis tindak tutur dan fungsinya tindak tutur yang digunakan guru kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawan. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian ini peneliti memperoleh 193 ujaran yang berkaitan dengan jenis dan fungsinya. Jenis dan fungsi yang berkaitan dengan tindak tutur dibagi menjadi empat bagian, yaitu: deklaratif, representatif, ekspresif, dan direktif. Fungsi tindak deklaratif yaitu menyatakan terdiri dari 16 ucapan (8,29%) dan menegaskan terdiri dari 11 ucapan (5,69%). Fungsi tindak perwakilan terdapat umpatan terdiri dari 1 ucapan (0,52%), menginformasikan terdiri dari 5 ucapan (2,59%), penegasan terdiri dari 16 ucapan (8,29%), klaim terdiri dari 13 ucapan (6,74%), dan mendeskripsikan terdiri dari 5 ujaran (2,59%). Fungsi tindak ekspresif terdiri dari belasungkawa terdiri dari 15 ucapan (7,77%), terima terdiri dari 2 ucapan (1,04%), penyesalan terdiri dari 2 ucapan (1,04%), ucapan selamat terdiri dari 1 ucapan (0,52%), mengkritik terdiri dari 13 ucapan (6,74%), dan mengeluh terdiri dari 7 ucapan (3,63%). Fungsi tindak direktif yaitu meminta terdiri dari 5 ucapan (2,59%), mengajak terdiri dari 9 ucapan (4,66%), meminta terdiri dari 34 ucapan (17,62%), dan menyarankan terdiri dari 38 ucapan (19,69%). Hasil penelitian ini sangat penting bagi guru bahasa untuk mengajarkan bahasa melalui tindak tutur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tindak Tutur, Guru Bahasa Inggris, Sekolah Menengah Pertama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Komang Alit Yuda Prawira Dartika
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:00
Last Modified: 17 Jul 2023 06:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16195

Actions (login required)

View Item View Item