Angendari, Made Diah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN HYPERMEDIA TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PEMBUATAN POLA DITINJAU DARI KETERLIBATAN KOGNITIF SISWA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2039011003-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2039011003-ABSTRAK.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2039011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (300kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2039011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (942kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2039011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2039011003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2039011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (535kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2039011003-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat menstimulasi keaktifan siswa melalui penyelesaian suatu permasalahan otentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan hypermedia terhadap pengetahuan dan keterampilan pembuatan pola ditinjau dari keterlibatan kognitif siswa dengan mengontrol pengetahuaan awal. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan pada siswa kelas XII SMK Negeri di Bali yang memiliki program keahlian Tata Busana menggunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 2x2 dan melibatkan 88 orang siswa sebagai sampel. Pengetahuan dan keterampilan pembuatan pola diukur dengan tes, sedangkan keterlibatan kognitif diukur dengan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kovarian multivariat dua jalur (to way multivariate analysis of covariance/MANCOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengontrol pengetahuan awal, diperoleh pengetahuan dan keterampilan pembuatan pola siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan hypermedia lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan powerpoint. Selanjutnya ditemukan bahwa terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan keterlibatan kognitif siswa terhadap pengetahuan dan keterampilan pembuatan pola. Siswa yang memiliki keterlibatan kognitif tinggi lebih cocok menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan hypermedia, sebaliknya siswa yang memiliki keterlibatan kognitif rendah lebih cocok dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan powerpoint. Mengacu pada hasil penelitian, direkomendasikan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan hypermedia dengan mengupayakan peningkatan keterlibatan kognitif siswa dan juga mengembangkan hypermedia dengan materi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis masalah, hypermedia, pengetahuan, keterampilan, pembuatan pola, keterlibatan kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Made Diah Angendari |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 09:25 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 09:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16198 |
Actions (login required)
View Item |