Wazri, Hanosi (2023) Pengembangan Virtual Tour Dinamis pada Museum Yadnya Kabupaten Badung. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915051104-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915051104-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051104-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051104-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915051104-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051104-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051104-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051104-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915051104-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pengembangan Virtual Tour Dinamis pada Museum Yadnya merupakan sistem Informasi yang dibutuhkan oleh Dinas Kebudayaan Kabupatan Badung sebagai media informasi dan arsip Museum Yadnya menjadi destinasi wisata budaya secara virtual. Penggunaan media informasi berbasis digital pada Museum Yadnya masih kurang efektif, sehingga sangat diperlukan media informasi digital di Dinas Kebudayaan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Yadnya. Virtual Tour memberikan pengalaman kepada pengguna dalam menikmati dan melihat keadaan lingkungan pada Museum Yadnya. Pengguna atau pengunjung Virtual Tour dapat memilih atau mengikuti alur hotspot sesuai pada panorama sehingga pengguna dapat mengetahui seperti apa Museum Yadnya. Pengembangan Virtual Tour Dinamis pada Museum Yadnya Kabupaten Badung menggunakan metode SDLC dengan Model Waterfall. Metode ini memilki lima tahapan yang ada yaitu tahapan analisis, desain, pengembangan, pengujian dan pemeliharaan. Dalam pengujian ahli isi dan pengujian ahli media mendapatkan nilai koefisien sebesar 1,00 dengan kriteria Validitas Sangat Tinggi. Dalam uji respon menerapkan metode User Experience Questionnaire (UEQ) mendapat respon dari setiap kelompok yaitu daya Tarik mendapatkan hasil 2.484, Kejelasan mendapatkan hasil 2.201, Efisiensi mendapatkan hasil 2.397, Ketepatan mendapatkan hasil 2.181, Stimulan mendapatkan hasil 2.255, dan Kebaruan mendapatkan hasil 2.186. Hasil dari penilaian User Experience Questionnaire (UEQ) menunjukan kesan yang positif terhadap pengembangan virtual tour.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Virtual Tour, Sistem Informasi, Museum Yadnya, Panorama 360, dan User Experience Questionnaire |
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Hanosi Wazri |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 01:50 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 01:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16251 |
Actions (login required)
View Item |