PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL UNTUK PENGENALAN KOMPONEN REM PADA SISWA SMK JURUSAN TKRO

Kamajaya, Iyan Kharisma (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL UNTUK PENGENALAN KOMPONEN REM PADA SISWA SMK JURUSAN TKRO. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815071022-COVER.pdf

Download (548kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815071022-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815071022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815071022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815071022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815071022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815071022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815071022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18071022-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran virtual sebagai alternatif edukatif dan inovatif dalam memperkaya pengalaman belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D (four-D model). Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK N Bali Mandara jurusan TKRO untuk memperkenalkan komponen rem melalui media virtual. Data yang diperoleh dari uji coba berupa data kuantitatif, yang didapatkan melalui penggunaan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran virtual dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan. Angket/kuesioner yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media menghasilkan penilaian kelayakan materi dan desain yang sangat layak dan layak secara berturut-turut dengan persentase 84% dan 83.6%. Selain itu, uji coba pada kelompok kecil dan besar menunjukkan bahwa media pembelajaran virtual layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase 97.8% dan 95.2%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran virtual dapat dijadikan sebagai alternatif yang edukatif dan inovatif dalam memperkaya pengalaman belajar siswa di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Sistem Rem, Virtual
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Iyan Kharisma Kamajaya
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:56
Last Modified: 18 Jul 2023 04:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16265

Actions (login required)

View Item View Item