Kamajaya, Iyan Kharisma (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL UNTUK PENGENALAN KOMPONEN REM PADA SISWA SMK JURUSAN TKRO. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815071022-COVER.pdf Download (548kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815071022-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815071022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (111kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815071022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815071022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815071022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815071022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815071022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (110kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
18071022-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran virtual sebagai alternatif edukatif dan inovatif dalam memperkaya pengalaman belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D (four-D model). Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK N Bali Mandara jurusan TKRO untuk memperkenalkan komponen rem melalui media virtual. Data yang diperoleh dari uji coba berupa data kuantitatif, yang didapatkan melalui penggunaan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran virtual dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan. Angket/kuesioner yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media menghasilkan penilaian kelayakan materi dan desain yang sangat layak dan layak secara berturut-turut dengan persentase 84% dan 83.6%. Selain itu, uji coba pada kelompok kecil dan besar menunjukkan bahwa media pembelajaran virtual layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase 97.8% dan 95.2%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran virtual dapat dijadikan sebagai alternatif yang edukatif dan inovatif dalam memperkaya pengalaman belajar siswa di masa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Sistem Rem, Virtual |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Iyan Kharisma Kamajaya |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 04:56 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 04:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16265 |
Actions (login required)
View Item |