Pengaruh Model Pembelajaran TripleChem terhadap Hasil Belajar Siswa SMA tentang Kesetimbangan Kimia

Arsini, Desak Putu Eka Candrawati (2023) Pengaruh Model Pembelajaran TripleChem terhadap Hasil Belajar Siswa SMA tentang Kesetimbangan Kimia. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913031009-COVER.pdf

Download (793kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913031009-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PEDAHULUAN)
1913031009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913031009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913031009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913031009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913031009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913031009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913031009-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran TripleChem dan siswa yang dibelajarkan denga model Pembelajaran Langsung pada materi kesetimbangan kimia. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan nonequivalent control group. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Sukasada yang terdiri atas kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Seluruh populasi terlibat dalam penelitian. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan dengan pengundian dan diperoleh kelas XI MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif hasil belajar siswa berupa tendensi sentral dan sebaran data. Analisis inferensial hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik ANCOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan antara hasil belajar yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran TripleChem dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model Pembelajaran Langsung. Skor rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen (60,69) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (52,95). Dengan demikian, model Pembelajaran TripleChem lebih efektif digunakan untuk mengajarkan konsep kesetimbangan kimia dibandingkan dengan model Pembelajaran Langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran triplechem, model pembelajaran langsung, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Desak Putu Eka Candrawati Arsini
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:05
Last Modified: 20 Jul 2023 01:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16295

Actions (login required)

View Item View Item