Perbawa, I Gede Yudistira Putra (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MODEL ADDIE BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 4 BUSUNGBIU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711021025-COVER.pdf Download (412kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711021025-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1711021025-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1711021025-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1711021025-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (760kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021025-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1711021025-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711021025-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif model ADDIE berbasis android, (2) mengetahui validitas dari multimedia pembelajaran interaktif model ADDIE berbasis android, (3) mengetahui efektivitas dari multimedia pembelajaran interaktif model ADDIE berbasis android pada mata pelajaran IPA siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Busungbiu tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (R&D) dengan desain ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Busungbiu yang berjumlah 27 orang. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis android dinyatakan valid dengan hasil review ahli isi mata pelajaran sebesar 97.8% (sangat baik), ahli desain pembelajaran sebesar 85.7% (baik) dan ahli media pembelajaran sebesar 90.6% (sangat baik) serta respon angket peserta didik, yakni uji coba perorangan sebesar 82.67% (baik), kelompok kecil sebesar 88% (baik), dan lapangan sebesar 88.14% (baik), (2) produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis android dinyatakan efektif digunakan berdasarkan hasil pre-test sebesar 56.11 (kurang), dan post-test sebesar 89.07 (baik) dan dilakukan perhitungan dengan uji-t memperoleh hasil pada kolom signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa besar signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p>0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum mengikuti pembelajaran dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif android dengan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran IPA siswa kelas VII SMP Negeri 4 Busungbiu tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia Pembelajaran, Android, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | I.GEDE YUDISTIRA PUTRA PERBAWA |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 03:42 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 03:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16320 |
Actions (login required)
View Item |