IDENTIFIKASI KAIN TENUN LOLOAN DI KECAMATAN NEGARA, KABUPATEN JEMBRANA, BALI

seli yulianti, Enjang (2023) IDENTIFIKASI KAIN TENUN LOLOAN DI KECAMATAN NEGARA, KABUPATEN JEMBRANA, BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (288kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf

Download (76kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR USTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (725kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyimpulkan (1) Jenis motif pada kain tenun Loloan di Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali (2) Komposisi motif yang dihasilkan pada kain Tenun Loloan di Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa. (1) Jenis motif yang disajikan diimplementasikan pada kain tenun loloan terdiri dari: (a) Jenis motif tumbuh-tumbuhan meliputi: (motif pot-potan, motif pucuk rebung, motif bunga rumput, motif delima manis, motif bunga kangkung), (b) Jenis motif geometris meliputi: (motif wajik, motif wajik liris, motif bintang kurung, motif irisan dodol, motif keplok-keplok), dan (c) Jenis motif kombinasi meliputi (motif bintang kurung kombinasi delima manis, motif delima manis kombinasi keplok-keplok, motif wajik liris kombinasi pot-potan). (2) Komposisi motif yang dihasilkan pada kain tenun loloan meliputi kedalam (a) komposisi simetris dan pola serak seperti: (motif pot-potan, motif bunga rumput, motif delima manis, motif wajik, motif wajik liris, motif bintang kurung, motif irisan dodol, motif keplok-keplok), (b) komposisi pola pinggiran seperti: (motif pucuk rebung), (c) komposisi sentral seperti: (motif bunga kangkung, motif bintang kurung kombinasi delima manis, motif delima manis kombinasi keplok-keplok, motif wajik liris kombinasi pot-potan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kain tenun loloan, motif, komposisi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1)
Depositing User: Enjang Seli Yulianti
Date Deposited: 20 Jul 2023 19:49
Last Modified: 20 Jul 2023 19:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16333

Actions (login required)

View Item View Item