EVALUASI USABILITY DAN PENGEMBANGAN WEBSITE DINAS SOSIAL, PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, DAN PERLINDUNGAN ANAK PROVINSI BALI DENGAN METODE COGNITIVE WALKTHROUGH, PERFORMANCE MEASUREMENT, DAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)

Gusti, PUTU YADA GIRI (2023) EVALUASI USABILITY DAN PENGEMBANGAN WEBSITE DINAS SOSIAL, PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, DAN PERLINDUNGAN ANAK PROVINSI BALI DENGAN METODE COGNITIVE WALKTHROUGH, PERFORMANCE MEASUREMENT, DAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029101019-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029101019-ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2029101019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2029101019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2029101019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029101019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2029101019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029101019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029101019-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Website Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali adalah salah satu media informasi yang digunakan untuk memenuhi salah satu syarat Dinas di dalam melaksanakan Undang-undang keterbukaan Informasi Publik. Hasil obeservasi awal menunjukan belum pernah dilakukan evaluasi usability berkaitan dengan website tersebut, selain hal tersebut sesuai dengan survei awal terhadap 55 orang responden dari masyarakat umum dan staf teknologi informasi dinas diperoleh hasil (1) 69% responden menyatakan bahwa website Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Provinsi Bali memiliki tampilan yang tidak menarik, (2) sebanyak 67% responden menyatakan bahwa website masih kurang baik dalam penempatan dan penulisan menu, (3) 67% responden menyatakan bahwa website belum dapat memberikan kenyamanan pada saat penelusuran, dan (4) 95% responden menyatakan bahwa tampilan dan isi konten website masih kurang dan perlu dikembangkan. Berdasarkan hasil wawancara dan survei yang dilakukan, perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui lebih dalam berkaitan dengan pengembangan website Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Provinsi Bali. Oleh karena itu dilakukan evaluasi terhadap website Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Provinsi Bali dengan Teknik evaluasi Cognitive Walkhthrough, Performance Measurement dan System Usability Scale (SUS). Penelitian menghasilkan kesimpulan seperti berikut. (1) Pengembangan website Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi menggunakan metode Incremental menghasilkan website dengan tampilan yang lebih dinamis dan modern, namun tetap minimalis sehingga tidak mengganggu pandangan pengunjung website serta tetap fokus pada konten sehingga nyaman untuk dilihat dan dibaca. (2) Hasil evaluasi menggunakan metode performance measurentmen menunjukkan bahwa website termasuk kategori efektif dan efisien. Hasil penelitian menunjukkan waktu pengerjaan kelompok pemula dan kelompok mahir terpaut pendek, rata-rata kelompok mahir sebesar 17,4 detik dan rata-rata kelompok pemula 17,56 detik. (3) Rekomendasi hasil evaluasi usability website Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Provinsi Bali menggunakan metode Cognitive Walkthrough termasuk dalam kategori berhasil. Penelitian menunjukkan 100% responden berhasil menyelesaikan skenario tugas dengan sempurna tanpa ada yang gagal atau error. (4) Kepuasan pengguna website ketika dievaluasi menggunakan metode SUS mendapatkan skor rata-rata sebersar 92,36 yang berada di atas skor standar yaitu 68, sehingga dapat disimpulkan bahwa responden sangat puas dalam menggunakan website Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Provinsi Bali Keywords: Dinas Sosial, evaluasi usability, Cognitive Walkthrough, Incremental, Performance Measurement, System Usability Scale (SUS)

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dinas Sosial, evaluasi usability, Cognitive Walkthrough, Incremental, Performance Measurement, System Usability Scale (SUS)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: I Gusti Putu Yada Giri
Date Deposited: 24 Jul 2023 05:17
Last Modified: 24 Jul 2023 05:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16360

Actions (login required)

View Item View Item