Oktayani, Ni Putu Gita (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI 2 DIMENSI MATA PELAJARAN BAHASA BALI MENGENAI DASAR AKSARA BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915051057-COVER.pdf Download (686kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915051057-ABSTRAK.pdf Download (92kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915051057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (695kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051057-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051057-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915051057-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan dan mengetahui respon siswa dan efektivitas terhadap video pembelajaran animasi 2 dimensi mata pelajaran bahasa Bali mengenai dasar aksara Bali. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research & Development (R&D), dengan model penelitian Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Penelitian ini dilakukan untuk siswa kelas 3 sekolah dasar di SD Negeri 2 Liligundi. Pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan dengan menggunakan lembar angket self evaluation, angket expert reviewi, angket one to one learner, angket small group, dan angket field trial, serta pretest dan posttest untuk uji efektivitas. Hasil pengujian dari ahli isi materi memperoleh nilai 0.89 (Tinggi) dan hasil pengujian dari ahli media memperoleh skor 1.00 (Sangat Tinggi). Kemudian hasil uji efektivitas dengan memberikan pretest dan posttest kepada peserta didik memperoleh nilai N-Gain sebesar 0.84 sehingga hasil uji efektivitas dapat disimpulkan video pembelajaran “Efektif”. Hasil respon peserta didik terhadap video pembelajaran memperoleh rata - rata yaitu 94.50% dengan kualifikasi “Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan penelitian pengembangan video pembelajaran animasi 2 dimensi mata pelajaran bahasa Bali mengenai dasar aksara Bali menunjukkan kriteria kualitas produk yaitu sangat valid, sangat praktis dan efektif. Kata kunci: Video Pembelajaran, Bahasa Bali, Aksara Bali
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Video Pembelajaran, Bahasa Bali, Aksara Bali |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Gita Oktayani |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 19:52 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 19:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16387 |
Actions (login required)
View Item |