THE EFFECT OF USING PICTURE SERIES IN STUDENTS READING COMPREHENSION IN ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMA N 1 SELEMADEG

Nugraha, Ari (2023) THE EFFECT OF USING PICTURE SERIES IN STUDENTS READING COMPREHENSION IN ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMA N 1 SELEMADEG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021167-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021167-ABSTRAK.pdf

Download (425kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021167-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021167-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021167-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021167-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021167-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021167-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (768kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021167-LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang bertujuan untuk menyelubungi apakah ada pengaruh yang signifikan dari rangkaian gambar strategi pada pemahaman membaca siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan Posttest-Only Control group design. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji suatu teori. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMA N 1 Selemadeg tahun pelajaran 2022/2023. Kelompok eksperimen diajar menggunakan gambar seri dan kelompok kontrol diajar menggunakan strategi konvensional atau tanpa menggunakan gambar seri. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Data dikumpulkan melalui post-test berupa tes pilihan ganda yang diberikan kepada siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t pada program SPSS 16.0. Setelah melakukan analisis, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen (80,23) lebih tinggi daripada kelompok kontrol (76,13). Kemudian untuk hasil uji-t dengan signifikansi (sig. 2-tailed) 0,025 (sig. < 0,05). Artinya, nilai signifikansi kurang dari 0,05. Dapat dilihat hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diartikan bahwa terdapat rangkaian gambar pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa pada siswa kelas XI SMA N 1 Selemadeg. Dalam penelitian ini, peneliti berharap penelitian ini dapat menjadi referensi untuk pengajaran membaca pemahaman kepada siswa di kelas. Strategi gambar seri direkomendasikan untuk diterapkan oleh guru di kelas. Ini juga dapat digunakan sebagai referensi atau pedoman bagi peneliti lain yang sedang melakukan penelitian dengan topik yang sama atau serupa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Membaca1, Pemahaman membaca2, Picture series3.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ari Nugraha
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:17
Last Modified: 20 Jul 2023 02:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16404

Actions (login required)

View Item View Item