Astawa, I Wayan Budhi (2023) DEVELOPING 4C SKILLS-BASED SUPPLEMENTARY MATERIALS USING CANVA FOR EIGHT GRADE STUDENTS AT SMP 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912021001-COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021001-ABSTRAK.pdf Download (969kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
1912021001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (5MB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1912021001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1912021001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (35MB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1912021001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021001-LAMPIRAN.pdf Download (27MB) |
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menciptakan materi pendukung bahasa Inggris yang mengintegrasikan keterampilan 4C menggunakan platform Canva. Materi tersebut secara khusus ditujukan untuk siswa kelas delapan pada semester kedua kurikulum 2013. Tujuan dari materi ini adalah untuk mendukung guru bahasa Inggris dalam proses pembelajaran di kelas dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan keterampilan 4C mereka. Penelitian ini dilakukan di SMP N 4 Singaraja dengan menggunakan metode D&D (Design and Development) dengan model ADDE (Analysis, Design, Development, and Evaluation). Beberapa metode pengumpulan data digunakan, termasuk observasi, wawancara, analisis dokumen, penilaian ahli, dan penilaian pengguna. Guru bahasa Inggris dan siswa kelas delapan diwawancarai, dan silabus digunakan sebagai sumber yang berharga untuk analisis dan sebagai dasar pengembangan materi. Berdasarkan data yang terkumpul, sebuah E-book dibuat yang mengintegrasikan keterampilan 4C sebagai materi pendukung bahasa Inggris. Produk ini dinilai oleh dua ahli, yang menyimpulkan bahwa produk tersebut memiliki kualitas yang sangat baik dan cocok untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari produk ini adalah untuk memberikan manfaat bagi siswa dan guru dalam meningkatkan kualitas keseluruhan pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Materi Pendukung Bahasa Inggris, Keterampilan 4C, Canva, Pendukung dalam kelas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Wayan Budhi Astawa |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 00:41 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 00:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16408 |
Actions (login required)
View Item |