DEVELOPING 4C SKILLS-BASED SUPPLEMENTARY MATERIALS USING CANVA FOR EIGHT GRADE STUDENTS AT SMP 4 SINGARAJA

Astawa, I Wayan Budhi (2023) DEVELOPING 4C SKILLS-BASED SUPPLEMENTARY MATERIALS USING CANVA FOR EIGHT GRADE STUDENTS AT SMP 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021001-COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021001-ABSTRAK.pdf

Download (969kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1912021001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1912021001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1912021001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35MB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1912021001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021001-LAMPIRAN.pdf

Download (27MB)

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menciptakan materi pendukung bahasa Inggris yang mengintegrasikan keterampilan 4C menggunakan platform Canva. Materi tersebut secara khusus ditujukan untuk siswa kelas delapan pada semester kedua kurikulum 2013. Tujuan dari materi ini adalah untuk mendukung guru bahasa Inggris dalam proses pembelajaran di kelas dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan keterampilan 4C mereka. Penelitian ini dilakukan di SMP N 4 Singaraja dengan menggunakan metode D&D (Design and Development) dengan model ADDE (Analysis, Design, Development, and Evaluation). Beberapa metode pengumpulan data digunakan, termasuk observasi, wawancara, analisis dokumen, penilaian ahli, dan penilaian pengguna. Guru bahasa Inggris dan siswa kelas delapan diwawancarai, dan silabus digunakan sebagai sumber yang berharga untuk analisis dan sebagai dasar pengembangan materi. Berdasarkan data yang terkumpul, sebuah E-book dibuat yang mengintegrasikan keterampilan 4C sebagai materi pendukung bahasa Inggris. Produk ini dinilai oleh dua ahli, yang menyimpulkan bahwa produk tersebut memiliki kualitas yang sangat baik dan cocok untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari produk ini adalah untuk memberikan manfaat bagi siswa dan guru dalam meningkatkan kualitas keseluruhan pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Materi Pendukung Bahasa Inggris, Keterampilan 4C, Canva, Pendukung dalam kelas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Wayan Budhi Astawa
Date Deposited: 21 Jul 2023 00:41
Last Modified: 21 Jul 2023 00:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16408

Actions (login required)

View Item View Item