Fridayanti, Ni Putu Eka (2023) EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA AKHIR PADA APLIKASI PELAYANAN RAKYAT ONLINE KOTA DENPASAR (PRO DENPASAR+) MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915091003-COVER.pdf Download (349kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915091003-ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915091003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (111kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915091003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (718kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915091003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915091003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915091003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915091003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915091003-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Denpasar merupakan salah satu kota yang telah menerapkan aplikasi pelayanan publik online (PRO Denpasar+) yang saat ini dikenal dengan nama Denpasar Prama Sewaka atau DPS. Aplikasi ini terintegrasi secara vertikal pada instansi yang menjadi bagiannya. Namun, masih terdapat beberapa kendala, seperti belum teridentifikasinya tingkat kepuasan penggunaan di kalangan pengguna aktif. Metode End User Computing Satisfactionn(EUCS), yang berfokus pada lima variabel kepuasan yakni isi (content), akurasi (accuracy), tampilan (format), kemudahan penggunaan (ease of use) dan ketepatan waktu (timeliness) yang menjadi fokus penelitian ini, yang difokuskan pada analisis evaluasi aplikasi. dan ketepatan waktu aplikasi dalam kaitannya dengan kepuasan pengguna. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi aktif yang berdomisili di Kota Denpasar sebanyak 30 responden dan 99 responden yang menggunakan prosedur pengujian purposive. menggunakan skala Likert berdasarkan skor rata-rata kepuasan pengguna untuk mengukur tingkat kepuasann masing-masing variabel dengan 14 pertanyaan. Berdasarkan rincian analisis data, rata-rata skor kepuasan masing-masing variabel adalah 4,24 untuk variabel isi, 3,73 untuk akurasi, 4,23 untuk format, 4,19 untuk keramahan pengguna, dan 4,08 untuk ketepatan waktu. Secara umum, temuan ini menunjukkan bahwa pengguna aplikasi sangat puas dengan penggunaannya. Namun, penerapannya masih perlu dilakukan penyempurnaan melalui revisi atau perbaikan pada aplikasi. Berdasarkan hasil penelitian, disusun rekomendasi perbaikan aplikasi PRO Denpasar+ atau DPS dari capaian pada masing-masing variabel EUCS dengan mempertimbangkan skor responden yang menyatakan ketidaksetujuan atau sangat ketidaksetujuan serta masukan perbaikan yang diberikan oleh responden melalu kuesioner terbuka, dan secara keseluruhan disusun berdasarkan analisis SWOT dalam menyususn strategi pengembangan pada aplikasi dan ditindaklanjuti guna memberikan pelayanan prima untuk masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aplikasi pelayanan publik, EUCS, evaluasi, kepuasan pengguna akhir |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Eka Fridayanti |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 20:08 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 20:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16478 |
Actions (login required)
View Item |