Bria, Maria Angelina Yolanda (2023) Pengembangan Media E-modul Pembelajaran Berhemat Energi Berbasis Visual Auditory Kinesthetic (VAK) untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031280-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031280-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031280-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (210kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031280-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031280-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031280-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (920kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031280-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031280-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031280-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar yang inovatif menjadi hambatan bagi guru untuk mengembangkan bahan ajar yang menarik utnuk diterapkan di SD yang sesuai dengan karakteristik siswa. Hal tersebut menimbulkan kebosanan yang mengakibatkan kurangnya minat baca siswa serta minat belajar secara mandiri, sehingga diperlukan solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Solusi yang dapat diberikan peneliti y aitu dikembangkannya e-modul pembelajaran dengan tema berhemat energi berbasis Visual Auditori Kinesthetic (VAK) yang ditujukan bagi siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang menggunakan model penelitian 4D (Four-D). Pengujian produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, sedangkan penilaian produk dilakukan oleh guru dan siswa. Hasil penelitian ini memperoleh hasil dari segi ahli materi secara keseluruhan sebesar 91% dengan kategori sangat baik, dari segi ahli media secara keseluruhan sebesar 89,3% dengan kategori baik, hasil uji respon praktisi secara keseluruhan sebesar 95% dengan kategori sangat baik, dan hasil uji respon siswa secara keseluruhan sebesar 93,2% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul pada materi berhemat energi di kelas IV Sekolah Dasar layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar, E-modul, VAK, Muatan IPA |
Subjects: | L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Maria Angelina Yolanda Bria |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 06:08 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 06:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16532 |
Actions (login required)
View Item |