PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN METEKOGNITIF BERPENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN KOVARIABEL KEMAMPUAN NUMERIK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI GUGUS DEWI SARTIKA DENPASAR

Wiryawati, Ni Wayan (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN METEKOGNITIF BERPENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN KOVARIABEL KEMAMPUAN NUMERIK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI GUGUS DEWI SARTIKA DENPASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1729041080-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729041080-ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729041080-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (338kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729040180-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729041080-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729041080-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729041080-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729041080-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729041080-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran metakognitif berpendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika dengan kovariabel kemampuan numerik pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, menggunakan rancangan single factor independent groups design with use of covariat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 72 orang siswa yaitu 38 orang siswa dari kelas V A SDN 17 Kesiman yang menjadi kelompok eksperimen dan 34 orang siswa dari kelas V SDN 7 Kesiman yang menjadi kelompok kontrol. Hasil analisis data diperoleh Fhitung sebesar 6.048 > Ftabel = 3,98. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran metakognitif berpendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika setelah kemampuan numerik dikendalikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: saintifik, metakognitif, matematika, kemampuan numerik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Wayan Wiryawati
Date Deposited: 02 Mar 2020 08:21
Last Modified: 02 Mar 2020 08:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1655

Actions (login required)

View Item View Item