PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOPIK BUMI DAN TATA SURYA UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Febriani, Ni Luh Tia (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOPIK BUMI DAN TATA SURYA UNTUK SISWA SMP KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913071030-COVER.pdf

Download (274kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913071030-ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913071030-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan karakteristik; (2) menganalisis validitas; (3) menganalisis kepraktisan; dan (4) menganalisis keterbacaan lembar kerja peserta didik berbasis project based learning terintegrasi pendidikan karakter pada topik bumi dan tata surya untuk siswa SMP kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and develop) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analyze, design, develop, implementation dan evaluation. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Tahap develop terdiri dari tiga uji produk yaitu uji validitas oleh ahli, uji kepraktisan oleh guru, dan uji keterbacaan oleh peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, angket analisis kebutuhan, angket uji validitas, angket uji kepraktisan, dan angket uji keterbacaan. Subjek penelitian melibatkan dua orang ahli Pendidikan IPA untuk uji validitas, lima orang guru IPA untuk uji kepraktisan, dan 15 peserta didik kelas VII untuk uji keterbacaan. Jenis data yang diperoleh yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Karakteristik lembar kerja peserta didik yaitu (a) menggunakan model project based learning; (b) terintegrasi pendidikan karakter (gemar membaca, kreatif, disiplin, peduli lingkungan, dan tanggung jawab); (c) disajikan dalam bentuk cetak. Tingkat validitas lembar kerja peserta didik sebesar 1,00 (validitas sangat tinggi), tingkat kepraktisan memperoleh rata-rata skor sebesar 4,72 (sangat praktis), dan tingkat keterbacaan memperoleh rata-rata sebesar 4,49 (sangat terbaca). Berdasarkan hasil penelitian, lembar kerja peserta didik berbasis project based learning terintegrasi pendidikan karakter pada topik bumi dan tata surya dapat diuji ke tahap selanjutnya yaitu uji keefektifan produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja peserta didik, project based learning, pendidikan karakter, bumi dan tata surya.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ni Luh Tia Febriani
Date Deposited: 23 Jul 2023 17:08
Last Modified: 23 Jul 2023 17:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16556

Actions (login required)

View Item View Item