Suwarni, Ni Putu Ayu (2023) PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS BEBAS KONTEN BERKONTEKS MATERI IPA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913071011-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913071011-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (152kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913071011-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan serta menganalisis validitas isi, keterbacaan, serta validitas butir dan reliabilitas tes dari instrumen tes keterampilan berpikir kritis bebas konten berkonteks materi IPA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall namun, penelitian ini dibatasi sampai tahap uji coba lapangan awal. Subjek uji coba, yaitu 2 orang dosen sebagai ahli, 15 orang guru, 10 orang siswa untuk uji keterbacaan dan 180 siswa untuk uji coba lapangan awal. Objek uji coba adalah validitas isi, keterbacaan, serta validitas butir dan reliabilitas tes. Hasil data kualitatif yang diperoleh berupa masukan dan saran dianalisis secara deskriptif. Hasil data kuantitatif berupa skor dari validitas isi, keterbacaan, dan hasil uji coba produk. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan angket. Validitas tes yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata dari kedua ahli sebesar 0,89 menggunakan teknik Gregory dengan kategori validitas sangat tinggi. Keterbacaan tes yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat terbaca, berdasarkan skor rata-rata yang diperoleh sebesar 4,50. Hasil revisi dari uji validitas dan uji keterbacaan menyisakan 43 soal untuk dilanjutkan pada tahap uji coba lapangan awal. Hasil uji coba lapangan awal menunjukan 2 butir soal memiliki validitas yang kurang baik sehingga soal tersebut tidak digunakan. Soal yang tersisa adalah 41 butir dengan nilai korelasi berkisar 0,154-0,454 di atas 0,148. Reliabilitas tes memperoleh nilai r11 sebesar 0,71 yang termasuk kategori reliabilitas tinggi. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh kualitas distraktor, yaitu sebanyak 17 butir soal memiliki kualitas distraktor yang kurang baik dan 26 butir soal memiliki distraktor dengan kualitas yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tes, Keterampilan Berpikir Kritis, Bebas Konten, Konteks Materi IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ayu Suwarni |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 03:22 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 03:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16577 |
Actions (login required)
View Item |